Academics Gathering, 28 September 2016

A big picture

Reimagining An Innovative Digital Product Development

Don’t Reengineer, Reimagine!"

Demikian bunyi argumen Schumacher dkk. (2013) yang melihat bahwa sering kali perusahaan hanya melakukan rekayasa proses bisnis untuk bisa hadir dalam dunia digital. Seperti mengubah teknologi komunikasi dengan pelanggan atau mengubah administrasinya. Juga masih banyak yang melihat big data atau Internet of Things sebagai suatu fungsi atau proses saja.

Reimajinasi menjadi hal yang mutlak. Teknologi hanyalah teknologi, di tangan sumber daya yang tepatlah teknologi bisa berubah menjadi enabler, competitive advantage, ataupun new source of revenue. Strategy& (2014) menawarkan reimajinasi berbasis human centered design, yakni mengubah perusahaan dan sistem kapabilitasnya berbasis layanan kepada pelanggan. Juga ada Tata (2014) yang mendorong perusahaan melakukan reimajinasi dalam proses pengembangan produk, sehingga produk tersebut mampu melakukan empat fungsi sekaligus, sebagai layanan dan pemakaian, mampu berkomunikasi dengan produk lain, mampu memonitor dirinya sendiri, sekaligus alat ukur. Sementara itu, PwC (2015) mendorong perusahaan melakukan reimajinasi  operasi sehingga mereka dapat lebih fleksibel atas segala perubahan lingkungan, pelanggan, dan strategi bisnis.

Lalu, dimulai dari mana? Malde (2015) berkata Just Do It! Jangan menunggu pendanaan baru atau goncangan organisasi untuk melakukannya. Tentunya pertanyaan dan diskusi lebih lanjut seputar hal ini sangat menarik untuk dibahas dalam Academics Gathering terakhir di tahun 2016.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan hubungi:

PDMA Indonesia

Jalan Menteng Raya no. 9-19, Jakarta

Telp. (021) 2300313 ext. 1257

Emma 085373667514, Devi 08111873637

Email: pdmaindonesia@gmail.com

Share