Human Capital Forum 2016: Membangun Employer Branding untuk Keberlangsungan Organisasi

A big picture

Persaingan perusahaan dalam menarik hati para talenta berkualitas tidak terelakkan. Bukan saja berkompetisi untuk mendapatkan talenta terbaik, namun juga dalam hal mengelola, dan mempertahankan mereka yang sudah didapat melalui program-program pengembangan karyawan yang menarik bagi talenta-talenta terbaik tersebut kerap menjadi kompetisi.

PPM Manajemen kembali menggelar Human Capital Forum (HC Forum) 15/11/2016, acara yang digelar di Auditorium PPM Manajemen-Jakarta ini merupakan penutup dari rangkaian yang telah dilaksanakan sebelumnya di Jakarta, Surabaya dan Makassar.

Mengangkat tema Employee Value Proposition, HC Forum penutup ini menghadirkan narasumber: Dr. Eva Hotnaidah Saragih, MAUndergraduate Program Director - PPM School of Management, Tito DipokusumoHead of Sales Academy, Indosat Ooredoo / 1st champion of Indonesia Future HR Leader, dan Achmad Fahrozi, S.K.M., MM., CAC – Coordinator of PPM Center for Human Capital Development PPM Manajemen yang bertindak sebagai moderator.

Sebanyak 130 orang memadati auditorium dengan wajah antusias ‘menangkap’ paparan demi paparan dari para nara sumber yang dihadirkan. Begitupun dengan pihak media massa, tak kurang dari 12 media datang meliput gelaran besar dunia HC di penghujung tahun ini.

Acara dibuka oleh Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen. “Sumber daya manusia bukanlah objek untuk dieksploitasi, tapi sebagai suatu aset yang memang menjadi kekuatan inti dari sebuah organisasi atau perusahaan” ujar Bramantyo membuka acara.

Menurut Dr. Eva Hotnaidah Saragih, MA, “Employer Branding yang didefinisikan sebagai sejumlah upaya stratejik yang dilakukan organisasi dengan tujuan mengkomunikasikan kepada karyawan saat ini maupun karyawan masa depan tentang organisasi tersebut sebagai tempat yang diinginkan atau yang terbaik untuk bekerja” ujar Eva.

“Divisi SDM dalam sebuah perusahaan bukan lagi semata mengurusi absensi, remunerasi dan teman-temannya. Tetapi saat ini harus juga masuk ke ranah strategis.” ujar Tito Dipokusumo. Peraih Indonesia Future Human Resources Leaders 2015 ini juga menyampaikan, seyogyanya perusahaan selalu bisa mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa menangkap peluang. Sebagai contoh dia sebut masa keemasan telepon genggam dengan voice dan SMS yang dulu merupakan pemasukan terbesar, tetapi sekarang? Kalah dengan internet (data) yang telah menyediakan segalanya. Untuk itu, berkembang mengikuti zaman, perlu. Sebab kalau tidak, maka akan kalah dalam bersaing karena produk-produknya tidak lagi relevan dengan zamannya.

“Perlakukanlah karyawanmu sebaik mungkin sebagaimana kamu ingin mereka memperlakukan customermu.” tutup Achmad Fahrozi mengutip Stephen Covey.

Sekilas HC Forum

Berawal dengan nama Forum Diskusi Manajemen (Fordim), lalu pada 24 Maret 2008 bertepatan dengan peluncuran Center for Human Capital Development (CHCD) PPM Manajemen, Fordim dikembangkan menjadi forum strategis yang fokus membahas perkembangan Human Capital di Indonesia. Human Capital (HC) Forum diprakarsai oleh PPM Manajemen sebagai wadah berkumpul bagi para praktisi kajian sumber daya manusia untuk saling bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan. Melalui Forum ini, PPM Manajemen berharap akan terbangun pemahaman bersama untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang berwawasan global namun tetap mengakar pada budaya Bangsa.

Demikian rangkaian kegiatan HC Forum di tahun 2016, jaya terus PPM Manajemen!

Share