Program MM PPM Raih Akreditasi ABEST-21 di Tokyo

Program MM Sekolah Tinggi Manajemen PPM menerima akreditasi internasional dari ABEST-21 yang diserahkan di Sony University, di kawasan Sony Corporation, Tokyo, Jepang pada 1 Maret 2016 lalu.

ABEST-21 atau the alliance on business education and scholarship for tomorrow a 21st Century Organization merupakan aliansi sekolah-sekolah bisnis di kawasan Asia Pasifik yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

Aliansi sekolah bisnis ini setiap tahun melakukan audit terhadap program MM/MBA sekolah-sekolah bisnis di Asia pasifik yang telah berusia minimal satu dekade.

Menurut Associate Professor Dr. Ningky Sasanti Munir, wakil dekan bidang Hubungan Akademis, Pendidikan, dan Penelitian PPM, proses akreditasi ABEST-21 ini dimulai sekitar dua tahun lalu dengan melalui beberapa tahapan.

Mulai dari status accreditation eligibility (layak memulai proses akreditasi), document eligibility (dokumen layak diajukan), visitation eligibility (program studi layak dikunjungan), dan akhirnya keputusan akhir (terakreditasi atau harus diperbaiki lagi).

“Alhamdulillah Program MM STM PPM berhasil mendapatkan akreditasi internasional ABEST-21, menyusul lima institusi lainnya di Indonesia: UI, ITB, UNIBRAW, UNPAD, UNDIP,” kata Ningky.

STM PPM, lanjutnya, mendapatkan akreditasi ini bersamaan dengan IPB, U-Telekom, dan UNAIR.

Hampir setiap tahun Pemerintah Indonesia mengharuskan sekolah-sekolah terpilih dan program studi program studi terpilih untuk maju akreditasi. Selain ABEST-21 untuk Program MM tahun ini, lanjut Ningky, STM PPM akan maju akreditasi untuk kedua kalinya setelah empat tahun bertahan dengan akreditasi A.

“Sesuai mandat Pemerintah Indonesia, pada bulan Desember 2016 nanti Sekolah Tinggi Manajemen PPM akan ikut bersama 90 perguruan tinggi di Indonesia (dari sekitar 3600an) untuk maju meraih akreditasi A tingkat institusi,” ujarnya Ningky. #PPMmanajemen

Share