The 7th PPM Regional Business Case Competition

Peran Nyata Akademisi untuk Pelaku Bisnis

A big picture

PPM Regional Business Case Competition (RBCC) kembali digelar, dan kali ini merupakan  tahun ke-tujuh gelaran akbar kompetisi kasus bisnis tingkat Asia ini diselenggarakan. RBCC diadakan atas prakarsa Research Center and Case Clearing House (RC-CCH), sebuah divisi strategis PPM School of Management (PPM SoM) yang kesehariannya membawahi tugas riset, dan menggiatkan penulisan kasus bisnis tidak hanya untuk kalangan internal PPM SoM, pun untuk kalangan pendidikan dilingkup nasional dan regional.

Semangatnya adalah mengangkat kasus bisnis dari perusahaan-perusahaan lokal terkemuka di Indonesia. PT Tatalogam Lestari perusahaan penguasa pasar genteng metal, rela dijadikan sebagai kasus dalam perhelatan RBCC kali ini. Sebuah bukti bahwa pemain besar dalam metal steel di Indonesia ini peduli pada kemajuan bangsa serta berkontribusi aktif pada perkembangan dunia pendidikan tanah air.

“Sesuai dengan semangat inovasi tiada henti yang dijadikan prinsip dalam menjalankan bisnis Tatalogam, dan inovasi bisa datang darimana saja, RBCC bagi kami merupakan perjalanan inovasi juga. Tatalogam merasa perlu input dari sudut pandang mahasiswa, yang tentu saja bisa membawa perbaikan-perbaikan bahkan inovasi besar dalam Tatalogam” ujar Stephanus Koeswandi, Vice President Tatalogam Lestari.

Erlinda N. Yunus selaku Koordinator RCCCH seraya mengamini mengatakan, “selain bermanfaat bagi mahasiswa jenjang S-2, ajang ini juga untuk meningkatkan kualitas berpikir dan semangat eksplorasi dunia bisnis secara riil. RBCC juga menjadi arena di mana para eksekutif dapat memperoleh berbagai gagasan inovatif dan orisinil dari lingkungan akademis.”

Dalam ajang ini, mahasiswa Magister Manajemen (MM dan setara) dari berbagai perguruan tinggi menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang mereka serap sepanjang studi untuk berkompetisi dalam hal kualitas analisis, sintesis dan presentasi kasus bisnis yang belum pernah dipublikasikan.

Tahun ini peserta yang mendaftar sebanyak total 55 tim, yang berasal dari 20 universitas di Asia. Akhirnya terpilihlah 12 tim yang sudah terseleksi dan berhak ‘berdebat’ mempertahankan solusinya untuk memecahkan kasus bisnis tahun ketujuh ini dari Tatalogam Lestari pada Rabu 30 November 2016 di Auditorium PPM Manajemen.

Sehari sebelum  masuk babak debat (29/11) peserta diajak berkunjung ke pabrik Tatalogam di CIkarang. Pada kunjungan tersebut, para peserta mendapatkan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan mengenai Tatalogam. Mereka juga diajak berkeliling pabrik untuk mengetahui proses produksi produk-produk Tatalogam.

Setelah melalui penilaian yang panjang dan mendalam, akhirnya para dewan juri yang beranggotakan dari akademisi dan praktisi menobatkan pemenang kompetisi kasus bisnis ini.

  •     Juara 1 adalah Oblation Team dari University of the Philippines Baguio      

  •     Juara 2 adalah Komitmen Baja Team dari Binus Business School

  •     Juara 3 adalah Trinity Team dari PPM School of Management

  •    Juara 4 adalah Kona Team dari University of the Philippines Los Baños

Sejauh ini RC-CCH telah banyak menghasilkan kasus bisnis yang bercita rasa lokal, namun tetap mengacu pada perubahan yang terjadi di dunia bisnis global. Kasus bisnis tersebut selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan ajar, baik dalam ranah pendidikan formal, maupun dalam beragam pelatihan manajemen yang tidak hanya dimanfaatkan oleh PPM SoM namun oleh entitas pendidikan manajemen lainnya, baik nasional maupun internasional.

Share