Wisuda PPM SoM: Being a Transformational Leader

A big picture

Raffles Hotel, tak kurang dari 235 wisudawan Sekolah Tinggi Manajemen PPM atau biasa dikenal PPM School of Management (PPM SoM), Kamis (20/10) memenuhi Ballroom Raffles Hotel Ciputra World 1 Kuningan, Jakarta Selatan untuk melaksanakan prosesi wisuda.

Para wisudawan terdiri dari jenjang Strata 1, sebanyak 8 Sarjana Akuntansi Bisnis dan 55 Sarjana Manajemen Bisnis. Sisanya jenjang Strata 2, yakni 51 Magister Manajemen (MM) dari Program MM Eksekutif, 75 wisudawan untuk Program MM Eksekutif Muda, dan 46 wisudawan dari Program Wijawiyata Manajemen (WM).

Wisuda kali ini mengambil tema 'Transformational Leader'. Sebagai institusi manajemen pertama dan pelopor transformasi manajemen di Indonesia, PPM Manajemen memiliki cita-cita mulia untuk berperan aktif pada transformasi negara melalui lembaga korporasi dan dalam setiap gugus tugas pelayanan negara kepada warganya.

Semangat transformasi sejatinya adalah semangat dari para pendiri Yayasan PPM. Mereka memiliki semangat untuk melakukan perubahan dan tata kelola pemerintahan negara dan bangsa melalui ilmu manajemen. Sudah 50 tahun PPM Manajemen melaksanakannya dan terbukti kerja keras dan sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara, yaitu dengan mempersembahkan ribuan manajer-manajer degree dan non-degree ke tengah masyarakat.

Dr. Alexander Liang, Ketua PPM SoM dalam pidatonya seraya mengingatkan, dewasa ini maupun di hari-hari mendatang, kita menghadapi berbagai ketidakpastian dan berbagai gejolak dalam berbagai bidang kehidupan.

"Saat ini kita berhadapan dengan transformasi yang terjadi di bidang sosial, politik, teknologi, ekonomi, sehingga pelajaran-pelajaran masa lalu sepertinya sudah tidak bisa dipakai lagi," tutur Alex.

Di dunia bisnis, terjadi perubahan yang cepat dalam competitive landscape. Bahkan untuk menentukan batasan suatu industri saja sudah menjadi tantangan tersendiri karena batas-batas suatu industri sudah menjadi kabur. Sebagai contoh, bagaimana kemajuan dalam jaringan komputer interaktif dan telekomunikasi telah mengaburkan batasan-batasan dalam industri hiburan.

Perubahan yang cepat juga dipicu oleh teknologi dan perubahan teknologi. Perubahan teknologi pada perusahaan dan industri berdampak luas dan signifikan. Pun dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perubahan yang dramatis dalam bidang teknologi informasi. PC, telepon selular, artificial inteligence, virtual reality, massive data, dan situs-situs jejaring sosial adalah beberapa contoh bagaimana informasi digunakan secara berbeda sebagai  akibat perkembangan teknologi.

Untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan yang cepat dalam berbagai bidang, pemimpin bisnis harus mengubah mind set agar organisasi yang dipimpinnya tetap memiliki strategic competitiveness. Pemimpin bisnis harus mengadopsi mind set baru yang menghargai fleksibilitas, kecepatan, inovasi, integrasi, dan tantangan-tantangan yang muncul dari perubahan yang terus menerus.

Pemimpin yang demikian adalah pemimpin yang transformasional. Yaitu pemimpin yang mampu melakukan perubahan yang mendasar dalam organisasinya.

"Sadar dengan kebutuhan dunia usaha akan calon-calon pemimpin transformasional, PPM SoM sejak beberapa tahun terakhir telah menyiapkan kurikulum yang mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha tersebut." tutup Pak Alex.

Selamat dan Sukses untuk seluruh wisudawan, selamat membuat perubahan.

 

Share