Bank 4.0

NIZZA KURNIASARI

Mungkin Anda bertanya apa itu Bank 4.0?  Bank 4.0 adalah transformasi radikal yang sedang dan telah terjadi dalam industri perbankan. Seperti apa perbankan dalam 30 tahun ke depan? 50 tahun ke depan? Bank – bank terbaik di dunia harus merespons perubahan ini, regulator kini mengkaji ulang friksi, perizinan, dan peraturan – peraturannya, perusahaan – perusahaan rintisan (startup) di bidang fintech sedang menata ulang perbankan.

Bank- bank didesak untuk mengembangkan keterampilan baru, fungsi baru dan kecakapan baru, yang berbeda dari yang sebelumnya mereka jalankan. Masa depan perbankan bukan lagi sekedar jasa simpan pinjam, transaksi pembayaran, dan pemberian kredit melainkan menyatu di dalam fitur voice smart assistant, yang siaga 24 jam 7 hari untuk membayar, memesan, bertansaksi, atau menanyakan informasi.

Bank konvensional, menurut Brett King, penulis buku Bank 4.0, harus mulai mewaspadai gelombang Bank 4.0 yang kini sudah hadir di depan mata. Untuk saat ini bank konvensional mungkin masih cukup aman, tetapi perlahan tapi pasti kue sektor perbankan mulai diambil oleh praktik perbankan oleh pelaku non bank.

Untuk bertahan di masa depan, bank dan penyedia jasa keuangan harus dapat menjalankan ketiga fungsi tersebut dengan lebih baik dari lembaga lain manapun. Menurut Bret King, untuk berkembang di masa depan, bank dan lembaga lembaga keuangan harus:

1.         Berbasis digital

2.         Berbiaya rendah (low overhead)

3.         Operasi mobile

Brett King mengutip Jack Ma yang mengatakan bahwa Alipay akan mengalahkan bank terbesar dunia. Saat ini saja Alipay sudah mengalahkan Paypal, dan sudah menguasai US$3 triliun dari US$5,5 triliun transaksi daring di China.

Mari kita pelajari lebih lengkapnya pada Business Inspiring Forum : “Sukses Menuju Bank 4.0 dan Jasa Keuangan Masa Depan” 5 Februari 2020 di PPM Manajemen, dan dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin/Kinasih di nomor WA: 089637344646 atau email ke seminar@ppm-manajemen.ac.id

Odoo CMS - a big picture