PPM School of Management Meraih Apresiasi Penerapan SPMI Tertinggi di Indonesia

EDI PREMONO

Adalah Apresiasi SPMI, Sistem Penjaminan Mutu Internal, yang PPM SoM terima pada Selasa (27/09) di ISI Denpasar. Hadir sebagai penerima apresiasi dari PPM SoM adalah Dr. Ningky Sasanti Munir MBA selaku Dean of PPM School of Management. Apresiasi SPMI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Kemenristekdikti untuk institusi perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan SPMI dengan sangat baik.

Sejatinya, SPMI merupakan hal wajib bagi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Penjaminan mutu merupakan salah satu yang diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, yakni UU no 20 tahun 2003 pasal 51. Dalam undang-undang disebutkan agar pengelolaan perguruan tinggi dapat melaksanakan prinsip-prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu dan evaluasi yang transparan. 

Odoo CMS - a big picture

Penerima Apresiasi SPMI dipilih secara selektif kepada perguruan tinggi bukan PTN-BH dan terakreditasi peringkat A atau B dari seluruh institusi yang mengisi instrumen daring Pemetaan dan Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal pada laman resmi Kemenristekdikti. Dipilih dari lebih dari 2.200 Sekolah Tinggi di Indonesia. Kemudian, dipilih kembali 11 terbaik untuk dilakukan visitasi, sehingga keluar satu nama pemenang apresiasi.

Kelengkapan sistem penjaminan mutu internal sendiri terdiri dari sistem, prosedur, dokumen mutu, yang harus sesuai dengan siklus PPEPP.

Bahwa, dari Sistem Penjaminan Mutu Internal yang baik, menghasilkan akreditasi yang baik. Harapannya adalah bukan sekadar akreditasi yang baik, namun membudayakan mutu di perguruan tinggi.

Sebab, budaya mutu pendidikan tinggi sendiri didefinisikan sebagai pola pikir, pola sikap dan pola perilaku berdasarkan standar pendidikan tinggi. Untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi menuju tumbuh dan berkembangnya budaya mutu (quality culture).

Odoo CMS - a big picture

Sekilas alur PPM SoM Menerima Penghargaan SPMI

Sejak Juli, BPM (Badan Penjaminan Mutu) SoM memberikan laporan via website Kemenristekdikti. Dari laporan website terlihat poin PPM SoM sebesar 98,46 dari total maksimal 100 poin. Nilai itu termasuk kategori tinggi, maka berhak menjadi nominasi penerima apresiasi.

Dilanjutkan melaporkan kembali portofolio via website Kemenristekdikti, lalu hadir asesor dari Kemenristekdikti untuk audit PPM SoM pada 6 Agustus 2019 lalu. Hal ini untuk memastikan kualitas penjaminan mutu yang dilaporkan valid, terbukti, ada atau tidak. Hingga akhirnya diundang ke Denpasar-Bali untuk penyerahan apresiasi.