OSC Medcom.id Umumkan 440 Penerima Beasiswa S1 dan S2

EDI PREMONO

Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id akan mengumumkan 440 nama penerima beasiswa S1 dan S2 yang telah lolos rangkaian seleksi ketat sepanjang Agustus-November  2020.  Nama-nama pemenang OSC akan diumumkan saat Awarding Night OSC yang digelar secara hybrid, yakni luring terbatas di Studio Grand Metro TV dan daring, hari ini, Jumat, 29 Januari 2021.

CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata menyampaikan rasa syukur dan bangganya, karena OSC terus hadir hingga tahun ke-6 penyelenggaraannya di 2020.  Bahkan tahun ini, OSC tidak hanya berhasil menyediakan beasiswa jenjang sarjana, namun juga pascasarjana dari 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik penyedia beasiswa.

"Melalui OSC peserta bisa mengikuti seleksi beasiswa dari mana saja, asal terkoneksi jaringan internet. Mereka dapat melanjutkan pendidikan dengan beasiswa ke perguruan tinggi impiannya," kata Kania saat Awarding Night OSC 2021, Jumat, 29 Januari 2021.

Kania mengatakan, rangkaian kegiatan OSC tahun ini digelar secara full daring. Mulai dari peluncuran, pendaftaran, seleksi berkas, ujian tulis, wawancara, hingga pengumuman demi menyikapi pandemi covid-19 untuk menekan angka penyebaran sekaligus mengadaptasi kebiasaan baru. 

Program beasiswa online pertama yang dinanti oleh seluruh pelajar di Indonesia ini sudah dimulai sejak 2015.  Hingga kini tercatat telah menjangkau lebih dari 220 ribu peserta dan 1.270 beasiswa yang telah diberikan untuk anak-anak Indonesia.

Tahun ini, kata Kania, meski kondisi pandemi masih menyelimuti negeri, namun tidak menyurutkan semangat Medcom.id bersama PTS penyedia beasiswa, juga dukungan Citilink Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sharp Indonesia, serta Bimbingan Belajar Smarrt untuk terus berupaya meningkatkan jumlah kuota beasiswa.

Dari tahun ke tahun, sebesar 50 beasiswa diberikan di 2015, bertambah menjadi 200 beasiswa di 2016, kemudian 240 beasiswa di 2017, lalu sebanyak 360 beasiswa di 2018, dan 420 beasiswa di 2019. "Hari ini, sebanyak 440 beasiswa S1 dan S2 senilai Rp40 miliar akan diterima oleh putra putri terbaik bangsa," terangnya.




CEO Media Group, Mirdal Akib mengatakan, bahwa perjalanan OSC hingga tahun ke-6 ini telah melewati banyak tantangan bahkan rintangan. Terlebih di tahun ini, seluruh dunia dihadapkan pada krisis global pandemi covid19. 

"Hampir segala lini kehidupan terkena dampak yang cukup signifikan baik dari sektor ekonomi, sosial, budaya hingga pendidikan," kata Mirdal.

Tetapi kondisi ini, kata Mirdal, tidak membuat kontribusi berhenti, Media Group melalui Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) terus membuat lompatan besar untuk Indonesia. "Karena itu SEBAF melalui program OSC yang digawangi Medcom.id dan didukung oleh 19 kampus swasta terbaik di Indonesia, menyatakan siap mengambil peran untuk melompat lebih jauh dalam sektor pendidikan," terangnya.

Tidak hanya itu, melalui SEBAF kami juga telah memberikan dana bantuan Pendidikan kepada 30 anak berprestasi dari berbagai PTS di OSC selama dua Semester. "Tahun ini, Insya Allah kami juga akan memberikan dana bantuan tersebut untuk para pemenang terbaik dan para pemenang dengan kategori tidak mampu di awal tahun ajaran mendatang," ujar Mirdal.

Hal ini dilakukan untuk memastikan, bahwa tidak ada lagi pemenang OSC yang tidak jadi kuliah dengan beasiswanya hanya karena terhalang biaya. 

Online Scholarship Competition (OSC) merupakan Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, diadakan oleh portal berita dan video Medcom.id. OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan hingga S1 dan S2 dengan menggunakan beasiswa yang diberikan PTS mitra OSC.

OSC merupakan program kolaborasi antara Medcom.id dengan Perguruan Tinggi Swasta terbaik melalui perannya sebagai penyedia beasiswa. Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang secara fisik ke perguruan tinggi untuk mendaftarkan diri, melainkan cukup mengikuti proses pendaftaran,  seleksi hingga wawancara secara daring atau online.

OSC mempermudah proses tersebut, dimulai dari pendaftaran dan tes tahap awal yang dilakukan melalui sistem online. OSC kini telah memasuki tahun ke-6 penyelenggaraannya, bekerja sama dengan 19 Perguruan Tinggi Swasta ternama di Indonesia, yang berada di delapan kota yang berbeda (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar dan Bali).






Prof. Bramantyo Djohanputro, M.B.A., Ph.D., QIA.

(Ketua Sekolah Tinggi PPM School of Management)

PPM School of Management (PPM SoM) menjadi satu dari 19 PTS yang menawarkan sejumlah beasiswa pendidikan di ajang OSC ini. Menyambut tahun ajaran yang baru, PPM SoM menawarkan 20 beasiswa penuh untuk program S1 dan 10 beasiswa penuh untuk program S2. Meski baru tergabung dalam OSC, animo pendaftar beasiswa PPM SoM terhitung luar biasa. Sejak awal dibuka, ada 1.400 orang yang mendaftar ke PPM SoM. Nantinya, para penerima beasiswa S1 PPM SoM akan mulai mengikuti perkuliahan pada pertengahan September 2021, sedangkan penerima beasiswa S2 akan bergabung lebih awal pada pertengahan April atau Oktober 2021.  

Dengan adanya kolaborasi antara OSC dan PPM SoM, diharapkan makin mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.  Karena untuk menuju SDM Unggul, Indonesia Maju, diperlukan pendidikan yang merata untuk seluruh putra/i Indonesia.

Odoo image and text block

A Section Subtitle

Write one or two paragraphs describing your product, services or a specific feature. To be successful your content needs to be useful to your readers.

Start with the customer – find out what they want and give it to them.

A Punchy Headline

Odoo CMS - a big picture

A Small Subtitle

Choose a vibrant image and write an inspiring paragraph about it. It does not have to be long, but it should reinforce your image.

Contact us »

Your Website Title

And a great subtitle too

Your Website Title

And a great subtitle too

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.