Key Performance Indicators

12/16/2019 08:00 to 12/17/2019 17:00 (Asia/Jakarta)

Jakarta Pusat, Indonesia

Keterangan Batas Pembayaran Harga Jumlah
Key Performance Indicators
12/11/2019 Rp 3,600,000.00
Key Performance Indicators (early bird)
11/29/2019 Rp 3,240,000.00

Harga Early Bird berlaku untuk pendaftaran yang pembayarannya dilakukan sebelum Tanggal berlaku tersebut di atas

 

Menjawab Masalah Apa

Setiap perusahaan atau organisasi selalu ingin menjadi perusahaan yang berkinerja tinggi. Untuk memastikan kinerjanya tercapai perusahaan memerlukan sebuah sistem atau alat yang dapat memonitor dan mengukur capaian kinerja tersebut.  Key Performance Indicators (KPI) merupakan tools yang sudah dikenal luas dan banyak digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk memonitor dan mengukur kinerjanya.

KPI merupakan elemen utama dalam Siklus Manajemen Kinerja yang terdiri atas Perencanaan Kinerja, Pengawasan Kinerja, Penilaian Kinerja dan Penghargaan Kinerja. KPI adalah Indikator Utama Capaian Kinerja yang bersifat terukur, oleh karena itu harus dituangkan ke dalam ukuran yang jelas. Dengan tersedianya KPI yang jelas dan terukur, maka organisasi akan mudah dalam memonitor dan mengukur capaian kinerjanya.  Untuk memudahkan dalam monitoring dan pengukurannya, maka sebaiknya KPI ditetapkan secara berjenjang, artinya Indikator Capaian Kinerja tersebut ditetapkan dari tingkat Organisasi yang diturunkan secara berjenjang sampai pada unit kerja terkecil. Dengan demikian, saat melakukan monitoring dan pengukuran, akan tercermin capaian kinerja unit terkecil akan menggambarkan capaian kinerja unit kerja diatasnya dan seterusnya hingga tingkat organisasi. 

Fungsi utama dari implementasi KPI dalam organisasi adalah sebagai alat informasi dan komunikasi terkait capaian sasaran organisasi: Pertama, KPI dapat menjadi alat komunikasi organisasi kepada semua lini organisasi dan juga alat komunikasi antara atasan dan bawahan. Kedua, KPI dapat memberikan informasi kepada pengambil keputusan untuk meningkatkan kinerjanya secara terus menerus. Ketiga, KPI dapat memberikan informasi mengenai kontribusi setiap karyawan dalam organisasi.

Terkait penjelasan tersebut, maka dapat dimengerti mengapa KPI pada tingkat organisasi perlu ditetapkan dengan jelas dan terukur, sebelum diturunkan menjadi KPI-KPI pada tingkat-tingkat di bawahnya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam penetapan KPI adalah pendekatan Balance Scorecard.  Namun demikian terdapat beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat menetapkan KPI.  Beberapa hal tersebut  adalah :

  • jumlah KPI yang tepat dan sesuai (apakah KPI harus banyak? Atau cukup sedikit?)

  • keterkaitan KPI dengan Uraian Pekerjaan (apakah setiap tugas dan kegiatan dalam Uraian Pekerjaan harus ada KPI-nya? Atau KPI hanya ditetapkan untuk pekerjaan utama dan tambahan yang bersifat program?)

  • hal-hal  yang dapat menjadi KPI

  • cara mengukur KPI yang telah ditetapkan (mudah mengukurnya atau sulit?) 

 

Manfaat Apa Yang Anda Peroleh

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  • Menjelaskan konsep dasar KPI dan keterkaitannya dengan Sistem Manajemen Kinerja

  • Menyebutkan apa saja yang dapat menjadi KPI 

  • Mengidentifikasi KPI pada tingkat Organisasi dengan pendekatan BSC  

  • Menetapkan KPI pada tingkat-tingkat di bawah tingkat organisasi dengan pendekatan BSC

  • Mengukur dan menilai KPI

Apa Saja Yang Dibahas
  • Konsep dasar KPI meliputi : definisi, fungsi, manfaat.
  • Jenis-jenis KPI
  • KPI dan Siklus Manajemen Kinerja
  • Hubungan antara KPI dengan Balanced Scorecard dan Uraian Pekerjaan. 
  • Identifikasi KPI organisasi
  • Penurunan KPI Organisasi – Unit Kerja 
  • Pengukuran dan Penilaian KPI

Siapa Yang Perlu Ikut Setiap Pimpinan Unit  Kerja dari tingkat Divisi sampai tingkat Seksi (Supervisor) 

Where

Visualize on Google Maps
PPM MANAJEMEN
Jl. Menteng Raya No. 9-19
    Kebon Sirih Menteng
    Jakarta Pusat JK 10340
    Indonesia
+62212300313
+621500314
+62-21-230-2051; +62-21-230-20-40
customer@ppm-manajemen.ac.id

When

From 12/16/2019 08:00
To 12/17/2019 17:00

Organizer

PPM MANAJEMEN
+62212300313
+621500314
+62-21-230-2051; +62-21-230-20-40
customer@ppm-manajemen.ac.id

Social Stream

Participate on Twitter

Find out what people see and say about this event, and join the conversation.

Use this tag: #ppmmanajemen