LSP PPM dan PDMA Indonesia Siap Bangun Keunggulan Daya Saing dengan Sertifikasi

EDI PREMONO

JAKARTA-Bersamaan dengan ulang tahun PDMA (Product Development & Management Association) Indonesia ke-6, PPM Manajemen secara resmi meluncurkan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) PPM. Bertempat di Ruang A.M. Kadarman, Rabu (20/2/2019) dengan tema “Membangun Keunggulan Daya Saing Dalam Menghadapi Industri 4.0”. Kegiatan ini menjadi wujud mendukung persiapan sumber daya manusia kompeten dalam menghadapi Industri 4.0.

Odoo CMS - a big picture

Dengan narasumber Andi Ilham Said, Ketua Pusat Kajian PPM Manajemen; Widyawati Salim, Senior Product Development Manager Skincare Product PT. Unilever Indonesia; Joko Sriyono, Head of Digital Stack – Indosat Ooredoo bermaksud membahas kesiapan menghadapi Industri 4.0 dari 2 perspektif yaitu kesiapan perusaahaan dan penguatan sumber daya manusia.

Odoo CMS - a big picture

Dalam dinamika Industri 4.0 kepercayaan pelanggan menjadi hal yang utama. Dari perspektif penguatan SDM, sertifikasi berkorelasi langsung dengan kepercayaan pelanggan dan bisa menjadi value proposition. Sertifikasi menjadi sebuah dokumen resmi yang menyatakan kemampuan dan kompetensi seseorang. Industri pun akan lebih memilih pekerja bersertifikat karena diakui kemampuan dan kualitasnya. Pekerja-pekerja yang kompeten sesuai dengan bidangnya bisa menjadi nilai plus untuk menghadapi Industri 4.0 sekaligus menjadi faktor kunci untuk mendukung daya saing dan keberlanjutan perusahaan.

Odoo CMS - a big picture

Sedang dari perspektif perusahaan, terus berinovasi dan mengembangkan produk secara berkesinambungan menjadi cara perusahaan untuk terus menunjukkan daya saing. Secara simultan, kedua perspektif tersebut menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing menghadapi Industri 4.0. Kedua hal tersebut juga bisa menjadi langkah perusahaan agar mampu menyampaikan value propotion untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.