APMMI - Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia

Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) memposisikan diri sebagai lembaga yang memberikan pedoman sebagai penyelenggaraan pendidikan terbaik (best practices) dari pendidikan MM dalam rangka meningkatan mutu pendidikan MM di Indonesia.

APMMI diharapkan mampu menjadi lembaga yang dapat memberikan motivasi serta menetapkan pedoman-pedoman operasional kepada para anggotanya untuk mencapai standar kualitas pendidikan MM nasional, yang mampu menghasilkan para lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan praktek bisnis dan manajemen nasional.

Di masa depan, APMMI diharapkan mampu bekerjasama dengan lembaga akreditasi program MBA internasional (seperti AACSB International), untuk melakukan proses akreditasi program MM di Indonesia, sehingga dapat mendorong program-program MM nasional agar memenuhi standar kualitas internasional sesuai dengan maksud dan tujuan didirikannya APMMI.

APMMI diharapkan menjadi wadah bagi program MM di Indonesia untuk:

  • Meningkatkan kemampuan dan tanggung jawab profesionalnya.

  • Mengembangkan dan memelihara kerjasama antar berbagai program MM di Indonesia.

  • Memelihara martabat, kehormatan serta kualitas lulusan dan mutu penyelenggaraan program pendidikan MM di Indonesia.

Berdasarkan harapan didirikannya APMMI di atas, dapat dirumuskan visi dan misi APMMI sebagai berikut (sumber: Anggaran Dasar APMMI):

Visi

  • Menjadi organisasi yang mampu memberi rasa bangga dan terhormat bagi program Magister Manajemen yang menjadi anggotanya.

  • Berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien bagi anggota dalam rangka peningkatan kualitas akademik dan non akademik.

  • Menjadi wadah bagi anggota untuk berkiprah secara nasional, regional, maupun internasional.

Misi

  • Meningkatkan semangat kebersamaan dalam menyelenggarakan Pendidikan Magister Manajemen yang berkualitas.

  • Mengadakan dan memelihara hubungan kerjasama dengan pemerintah dan pihak lain yang mempunyai tujuan sama, baik dalam maupun di luar negeri Memelihara dan mengembangkan kerjasama antar anggota.